24.6.19

SEJARAH BERDIRINYA DESA BESUKI

 

DESA BESUKI

1.   KONDISI
     Desa Besuki, atau juga bisa disebut juga Desa Atas Angin karena letaknya yang berada disalah satu pegunungan Panggul. Dan pada umumnya sama dengan desa - desa yang lain yang ada di wilayah Kecamaan Panggul Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur termasuk Desa Besuki dengan katagori Desa Berkembang.Walau pun terletak dipegunungan, Desa Besuki tetap berupaya ingin setara dengan desa-desa yang sudah maju dan ingin meningkatkan tingkat perkembangan desa menjadi salah satu Desa yang maju.Secara umum Desa Besuki mengalami beberapa kemajuan-kemajuan baik dibidang Eknomi, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Keamanan Ketertiban, Bidang Social Budayadan Kedaulatan Politik Masyarakat. Dari hasil analis perkembangan Desa Besuki menunjukan perkiraan rata-rata 9 - 13 % pertahun sehingga status perkembagan Desa Besuki adalah desa “ swadaya ” dengan katagori perkembangan “ MULA ” seperti desa yang masih membutuhkan prioritas penangangan masalah pemenuhan kebutuhan dasar seperti Ekonomi Pendidikan dan Kesehatan.Desa yag di Pimpin Oleh Bapak Setya Bekti Widodo ini menempatkan sektor pembangunan dan kesejahteraan masyarakat sebagai pondasi desa. Dengan kerjasama yang epic dari Pemerintahan dan lembaga lembaga yang bernaung di desa kini Desa Besuki mengalami pekembangan yang cukup siknifikan dari tahun ketahun.

2 GEOGRAFIS
a. Secara Geografis Desa Besuki Kecamatan Panggul terletak di sebelahselatan Kabupaten Trenggalek dengan jarak membentang kurang lebih 65 Km.
 Secara Administrasi Batas wilayah Desa Besuki sesuai dengan Peraturan Desa tentang penetapan batas desa yang berbentuk satu buah pilar yaitu sbb:
- Sebelah Utara: Desa Karang Tengah Kecamatan Panggul
- Sebelah Selatan: Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan
- Sebelah Timur: Wonocoyo KecamatanPanggul
- Sebelah Barat: Samudra Hindia


3. TOPOGRAFI
- Desa Jayamukti memiliki ketinggian berkisar 1200 Meter diatas permukaanair laut (DPL)

4. ORBITASI
-  Jarak ke Kabupaten Trenggalek 65 Km.
-  Jarak Tempuh dengan menggunakan Kendaraan umum 2 jam-  Jarak ke Kecamatan Panggul 8 Km.
-  Lama Jarak Tempuh dengan menggunakan Kendaraan umum 0,5 jam.

 5. IKLIM
- Curah Hujan: 1.500-2.500 mm
- Banyak Bulan Hujan: 3-8 bulan
- Suhu Udara: 28° C s/d 35° C- Bentang Wilayah: Dataran dan Berbukit.POGRAFI
- Desa Jayamukti memiliki ketinggian berkisar 1200 Meter diatas permukaanair laut (DPL)


6. Tempat wisata:
     - pantai tirisan


     - pesona gunung semo ( pgs)


A. ASAL MULA NAMA DESA BESUKI

Konon dahulu kala Kepala Desa Besuki bertempat tinggal di Suki, Yaitu Besuki bagian Timur yang sekarang telah menjadi hutan. Karena pusat Pemerintahan bertempat di Suki, maka daerah Pemerintahanya diberi nama Besuki. Nama Besuki sendiri diambil dari bahasa Jawa yaitu "Rembes Suki".  Adapun Kepala Desa tersebut yang dahulu berpangkat " Demang " adalah mbah Sonodrono. Mbah Sonodrono sendiri adalah Kepala Desa pertama dan sebagai pendiri Desa Besuki pada tanggal Jawa adalah 27 Ruwah 1167 (19 juni 1754)

   B. ASAL MULA NAMA-NAMA DUSUN DI DESA BESUKI  
      1. DUSUN BANGUNSARI atau GAMBAR
Menurut cerita Legenda yang turun temurun yang sampai sekarang diwariskan, dahulu kala ditempat ini sempat akan didirikan sebuah Masjid oleh para Wali. Pengerjaan Masjid sendiri dilakukan pada malam hari dan bersifat rahasia (mungkin dikarenakan penduduk setempat pada saat itu belum menganut agam Islam). Namun ditengah-tengah pembangunan pada saat dini hari ada seorang gadis yang menumbuk padi, Para Wali pun mendengar suara dari tumbukan padi gadis tersebut dan mengira hari sudah mulai menjelang pagi (Subuh), mereka yang takut kesiangan menjalankan Ibadah Shalat Subuh memutuskan untuk tidak meneruskan pembangunan masijid dan "menyabda" semua peralatan menjadi batu. Cerita legenda tersebut dibuktikan adanya banyak batu-batu yang berbentuk pilar panjang dan besar dilokasi tersebut.   Dari cerita inilah nama Dusun Bangunsari atau Gambar tercipta, karena bangunan Masjid tidak diteruskan dan hanya menjadi Gambar "nyata" sebagai peninggalan.  
       2. DUSUN SANGGAR
 Salah seorang Wali itub mengadakan sebuah perjalanan kesebelah barat dari Dusun Bangunsari, sampai disuatu tempat Wali tersebut membuat Pesanggrahan untuk beristirahat dan mengerjakan ibadah disana. Maka tempat itu diamaka Sanggar, sampai saat ini disebut Dusun Sanggar.
     3. DUSUN KEBONDUREN
Setelah mesanggrah atau bersitirahat Wali tersebut melanjutkan perjalanya terus ke Barat. Sampailah disebuah kebun (Kebon dalam bahasa Jawa) dia melihat Sumber air dan ingin beristirahat (Kudu Leren dalam bahasa Jawa) untuk minum. Maka tempat ini dinamakan Kebonduren, berasal dari bahasa Jawa yaitu Kebon dan Kudu Leren (Kebonduren).
      4. DUSUN BUNGUR
 Usai beristirahat Wali pun meneruskan perjalanya kearah Barat disebuah tempat dia terhenti karena mencium bau yang sangat tidak sedap (Ambu Wangur dalam bahasa Jawa) yang berasal dari Bunga, Wali itupun berhenti dan membersihkan tempat itu dari bunga bunga yang berbau tidak sedap tersebut sehingga tempat itu tidak lagi tercium bau yang tidak sedap lagi. Nama Bungur sendiri diambil dari kata "Ambu Wangur".      

    C. NAMA - NAMA KEPALA DESA BESUKI (PERTAMA KALI HINGGA SAAT INI)

SONODRONO, Periode tidak diketahui
SINGOKARIJO, Periode tidak diketahui
SINGOTIRTO, Periode tidak diketahui
KARSOTIRTO, Periode tidak diketahui
PONCODIKROMO, Periode Tidak diketahui
SOMODIKROMO, Periode tidak diketahui
KARIYOSENGODJO, Periode tidak diketahui
DJOJODIKROMO, Periode tidak diketahui
WIRJOSENTONO, Periode tidak diketahui
KARTOSENTONO, Periode tidak diketahui
PARTOSENTONO, Periode tidak diketahui
SOMOWIDJOJO, Periode tidak diketahui
DADISOEKARTO, Periode tidak diketahui
KADERI, Periode dari tahun 1980 sampai tahun 1991
KATIBUN, Periode dari tahun 1991 sampai tahun 1998
SABAR RIYANTO, Periode dari tahun 1999 sampai tahun 2007
SETYA BEKTI WIDODO, Periode dari tahun 2007 sampai sekarang (Dua Periode Berjalan)    

itu tadi penjelasan mengenai sejarah terbentuknya desa besuki...
Sekian terimakasih...

Kata -kata motivasi dari saya :
" jangan seperti kacang yg lupa kulitnya,  jadikan sejarah sebagai perbaikan diri kita  "

Didukung oleh :
# Teguh marceting 
# BGR ( Bangunsari Guyub  Rukun )
# SMK ISLAM PANGGUL
# SAYURAN PANGGUL


Mau belanja tapi takut ada virus?
Mau belanja online takut barangnya tidak sesuai atau takut ketipu?
Nih aku kasih solusinya
Yuk belanja nya di sayuran panggul..
Harga minim kwalitas terjamin
Belanja jadi mudah,Murah,Mantab
Waktunya Belanja zaman now
Apa saja sih yang ada aplikasi sayuran panggul?
1. Aneka sayuran segar
2. Aneka buah buahan
3. Sembako
4. Aneka ikan
5. Aneka daging
6. Aneka bumbu dapur
Dan masih banyak lagi.
Info lebih lanjut di :
Fb_sayuranpanggul
Gmail:sayuranpanggul@gmail.com
www.sayuranpanggul.blogspot.com

Atau langsung download aplikasinya di 
https://os.bikinaplikasi.com/download/sayuranpanggul

Mau ?... 
Yuk kamu buka aplikasinya..
Yang belum punya nih aku kasih link downloadnya di 
https://os.bikinaplikasi.com/download/sayuranpanggul
let's join us the member...



19.6.19

Cerpen " SI PREMAN SUKSES "

     
Cerita insipiratif ini diambil dari kisah nyata seseorang yang sukses di kecamatan panggul...

   
                   SI PREMAN SUKSES

     Ada seorang yg dulunya preman yg
menjadi orang yg sukses, dia adalah seorang guru smk terfavorit di kecamatan panggul, sebut saja namanya tono (nama samaran).
Dulunya tono adalah anak yg nakal, dengan pakaian acak-acakan, rambut merah dan panjang,
Tono merupakan anak yg berasal dari keluarga kurang mampu, orang tuanya adalah seorang petani .
   Kedua orang tuanya sampai sedih melihat kelakuan anaknya yang seperti itu, tono itu anaknya sering membuat gurunya

 jengkel kepadanya, karena ia sering telat masuk sekolah, sering tidur dijam pelajaran, bahkan tono sering membolos sekolah.
Tono itu sangat malas sekali untuk sekolah, dia memilih untuk jajan bersama teman-temannya,
Tono memiliki sifat keras kepala, pemarah dan pemalas..
    Setelah lulus smk ia ingin menggapai cita-cita awalnya yakni menjadi seorang polisi, lalu diapun mengikuti seleksi polisi, tes demi tes ia ikuti, tetapi takdir berkata lain, tono gagal dalam seleksi polisi tersebut, dan akhirnya ia pun menjadi frustasi dan ia pun menjadi lebih nakal lagi. Kesana kemari dengan berpakaian preman bersama teman-temannya seperti anak yg tak berpendidikan .
     Dan dampak dari perilaku tono tersebut yakni keluarganya sering dihina dan bahkan direndahkan oleh tetangga-tetangganya, tetapi keluarganya tak menyerah, mereka selalu berusaha untuk membujuk tono yang berwatak keras kepala.
Tetapi akhirnya tono pun mau mengikuti saran dari keluarganya. Meskipun tono berasal dari keluarga yang kurang mampu , ia tetap semangat dan optimis untuk melanjutkan pendidikannya, selain kuliah dia sepulang harus mencari rumput untuk pakan kambingnya. Dan bahkan dia juga tak jarang harus bekerja untuk mencari tambahan biaya kuliah.
     Selain tono ada kedua kakaknya yang juga sedang berjuang untuk menyelesaikan pendidikannya, mereka berjuang bersama-sama untuk menempuh pendidikannya, ternyata usaha tono dan keluarganya tidaklah sia-sia, akhirnya tono lulus kuliah dan ia pun mencoba ikut pendaftaran guru yang ada di smk terfavorit di kecamatan panggul, ternyata ia diterima menjadi guru di sekolah tersebut, dan kedua kakaknyapun juga menjadi orang yang sukses dengan jalan yang diinginkan masing-masing.
      Dengan suksesnya tono dan kedua kakaknya tersebut memberi dampak yang baik sekali bagi martabat keluarganya , yakni sekarang keluarga tono tidak lagi dihina maupun direndahkan oleh tetangganya , tetapi malah sekarang dihormati oleh para tetangganya..
       Meskipun tono sudah menjadi guru , tono tetap hidup sederhana ,ia tetap memelihara ternaknya, dan setiap sepulang mengajar ia pun selalu sempatkan untuk mencari pakan ternak.
Sekarang tono hidup sejahtera bersama istri dan anaknya, dan setiap tono mengajar disekolah tono selalu mengedepankan kedisiplinan terhadap siswa-siswinya, karena ia berfikir bahwa kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan.

                                      Tamat.......

Penulis : Teguh Widodo

hikmah yang dapat kita ambil dari cerita diatas adalah
"Jangan menilai seseorang dari kejelekannya saja"

Kata motivasi dari saya:
" usaha tidak ada yang sia-sia, karena usaha kunci kesuksesan"

Saya menjual Bibit lidah buaya seharga 
Rp5.000. Ayo beli di Shopee! https://shopee.co.id/tokomurahbersahabat/7916459075/


Atau langsung lewat 
wa @ 0822257986691

Didukung oleh:
# Teguh marceting #
# BGR (Bangunsari Guyub Rukun )#
# Warung Lek Dian #

            www.teguh809.blogspot.com

17.6.19

INFO TANI NGGUNUNG

CARA BUDIDAYA TANAMAN CENGKEH

 Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat. Bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman cengkeh adalah bagian kuncup bunganya. Biasanya akan melalui proses pengeringan terlebih dahulu sebelum akhirnya dikonsumsi atau digunakan. Kuncup bunga dari tanaman inilah yang seringkali disebut oleh masyarakat sebagai cengkeh.

Manfaat Cengkeh
Cengkeh biasa digunakan sebagai penambah citarasa makanan maupun minuman. Sensasinya yang hangat dan pedas cukup digemari oleh kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah dingin. Di samping itu, cengkeh juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena diketahui mengandung fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, seng, natrium, dan vitamin.
 Beberapa manfaat cengkeh untuk tubuh adalah sebagai berikut.

  • Menyehatkan jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Sebagai anti-oksidan
  • Mengatasi radang
  • Mengatasi rasa nyeri karena sakit gigi
  • Mencegah bau mulut dan bau badan
  • Mengontrol gula darah
  • Meningkatkan sistem imun tubuh


Manfaat yang begitu luar biasa dari rempah-rempah berwarna coklat ini membuatnya cukup istimewa sehingga menarik banyak peminat untuk membudidayakannya, terlebih karena rempah ini memang berasal dari Indonesia. Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia menjadi poin penting penunjang pertumbuhan cengkeh.Harga cengkeh di pasaran diketahui cukup stabil dengan permintaan konsumen terhadap rempah ini juga meningkat. Cengkeh dapat disimpan dalam kurun waktu yang relatif lama dan kualitasnya juga tidak menurun. Cukup menjanjikan untuk dikembangkan sebagai peluang usaha.
 Anda tertarik?
Coba saja untuk membudidayakannya terlebih dahulu.
Berikut adalah cara menanam cengkeh agar cepat berbuah. Artikel ini akan membahas tentang 7 cara menanam cengkeh agar cepat berbuah.
Bagaimana caranya?
Mari kita simak ulasan berikut ini!

1. Persiapan Bibit Cengkeh
Cara pertama untuk mendapatkan tanaman cengkeh agar cepat berbuah adalah dengan memilih bibit unggul cengkeh. Bibit cengkeh bisa Anda dapatkan dengan membeli langsung benihnya, atau dengan memanfaatkan buah cengkeh yang Anda miliki. Untuk buah cengkeh yang dianjurkan adalah buah cengkeh yang sudah tua, berwarna ungu kehitaman.Pastikan bahwa buah cengkeh yang Anda pilih memang merupakan buah yang telah masak di pohonnya. Apabila Anda sudah mendapatkan buah yang berkualitas, maka tahap berikutnya adalah memanfaatkan biji buahnya sebagai benih. Cara mendapatkan benih cengkeh dari buahnya dapat Anda lakukan dengan beberapa tahap berikut ini.Kupas kulit buah cengkeh dengan hati-hatiPastikan bijinya tidak lecet atau lukaKeluarkan biji-biji yang ada di dalam buah
Hindari biji yang terlalu kecil atau pun yang memiliki bercak hitam
Rendam biji yang terpilih dengan air selama satu hariCucilah biji cengkeh dengan airUlangi pencucian sebanyak dua sampai tiga kali hingga lendir-lendir pada biji tidak ada lagi yang menempel

2.Persiapan Media Tanam
Sebelum menanam, pemilihan media tanam juga harus diperhitungkan. Beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan untuk menanam cengkeh adalah sebagai berikut.Tanah gemburPupuk kandangPot atau polybag yang telah dilubangi di bagian bawahCetokAir secukupnya

3. Pembibitan Cengkeh
Tanaman cengkeh sebaiknya disemai terlebih dahulu dengan menggunakan media tanam yang lebih kecil untuk menstimulasi pertumbuhan akar. Dengan demikian, pembibitan pun dapat dikontrol atau dipantau dengan mudah hingga pertumbuhan tunas.Adapun langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk pembibitan adalah sebagai berikut.

  1. Campurkan tanah dan pupuk kandang. Perbandingannya 2:1 
  2. Masukkan campuran tanah ke dalam pot atau polybag yang telah disediakan
  3. Buatlah lubang di bagian tengahnya
  4. Letakkan biji cengkeh di dalam lubangTutup dengan tanah
  5. Padatkan tanah secara perlahanSiram dengan air secukupnya
  6. Letakkan calon bibit di tempat yang strategis dan aman dari angin kencangPastikan terkena sinar matahari sebanyak 25%
  7. Pantau pertumbuhan bibit cengkeh


4. Persiapan Lahan
Untuk tata cara menanam cengkeh agar berbuah lebat, tidak terlepas dari pengolahan lahan yang baik. Pengolahan lahan sebaiknya dilakukan dua bulan sebelum melakukan proses pemindahan bibit. Memang butuh waktu yang sedikit lebih lama guna menunggu lahan agar siap untuk ditanami.
Berikut adalah metode pengolahan lahan yang baik.

  1. Pilih lahan di areal yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung
  2. Bersihkan lahan tanam cengkeh dari bebatuan, gulma atau tanaman liar
  3. Lakukan penggemburan terhadap lahan tanam
  4. Diamkan lahan yang sudah digemburkan selama satu minggu untuk membantu sterilisasi tanah dari gas-gas yang mengancam pertumbuhan tanaman
  5. Cangkul tanah dengan kedalaman 75 cm, Pastikan lebar lubang tanam sekitar 50 cm
  6. Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanamDiamkan selama satu bulan agar pupuk meresap ke dalam tanah 


5. Pemindahan Bibit Cengkeh
Yang dibutuhkan dalam memindahkan bibit cengkeh adalah bibit tanaman cengkeh itu sendiri serta lahan permanen yang akan dijadikan sebagai lahan tanam cengkeh.
Bibit cengkeh yang sekiranya sudah dapat dipindahkan ke lahan permanen adalah bibit tanaman yang sudah berumur 2 tahun.
Pemindahan bibit dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini.

  • Pastikan bibit yang akan ditanam adalah bibit dengan kondisi batang lurus.
  • Robeklah polybag
  • Ambil bibit cengkeh hingga ke akarnya
  • Semprotkan dengan air agar bersih dari tanah yang menempel
  • Tanam bibit ke lubang yang telah disiapkan
  • Tutup dengan tanah Padatkan dengan perlahan
  • Ikat tanaman dengan kayu Posisikan kayu menancap dengan keadaan miring
  • Taburkan pupuk kandang di sekitar tanaman
  • Timbun kembali dengan tanah
  • Taburkan kapur pertanian di sekitar tanaman guna memperbaiki pH tanah


6. Perawatan Tanaman Cengkeh
Tanaman cengkeh yang sudah ditanam ke lahan permanen harus tetap dijaga pertumbuhannya, mengingat banyaknya hama peyakit yang dapat menyerang tanaman cengkeh. Hal ini dapat menyebabkan tanaman rusak hingga mati. Terutama di tahun-tahun awal, perawatan harus intens dilakukan guna menjaga pertumbuhan tanaman agar menjadi kokoh, besar, dan cepat berbuah.
Perawatan atau pemeliharan tanaman cengkeh dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.Berikan pupuk secara berkala setiap 4 bulan sekali pada dua tahun pertama.
Semprotkan insektisida jika terdapat hambatan dalam pertumbuhan tanaman atau bermasalah dengan daunnya.
Siramlah tanaman dengan air yang cukup terutama saat musim kemarau.
Cabutlah gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman cengkeh.
Lakukan penggemburan tanah secara berkala setiap satu bulan sekali.

7. Proses Panen Cengkeh
Tanaman cengkeh merupakan tanaman yang mampu tumbuh besar dengan tinggi dapat mencapai hingga 8 sampai 12 meter. Tanaman yang tergolong tanaman rempah ini mampu hidup bertahun-tahun dan berdaun lebat hijau (agak kekuningan) sepanjang tahun, baik saat musim hujan ataupun kemarau.Penantian untuk memanen cengkeh memang harus dijunjung dengan kesabaran.
Bagaimana tidak? Untuk dapat memanen cengkeh, para pegiat tanaman harus menunggu hingga lima tahun lamanya. Bagi Anda, calon penggiat budidaya tanaman cengkeh tidak perlu khawatir setelah mengetahui informasi tersebut karena kuantitas cengkeh yang dihasilkan sangat tinggi dalam sekali panen. Selain itu, proses panen juga dapat dilakukan berkali-kali pada satu pohon yang sama.Diketahui bahwa satu pohon dapat menghasilkan 3 sampai 5 kg cengkeh. Satu pohon cengkeh dapat dipanen 3 sampai 6 kali. Jarak waktu untuk memanen adalah 5 sampai 7 hari. Pemetikan atau panen harus dilakukan di waktu yang tepat. Jika pemetikan dilakukan lebih awal ataupun terlambat maka cengkeh dianggap sebagai cengkeh yang kurang berkualitas.Proses panen cengkeh biasanya dilakukan dengan memetik bagian bunganya. Jangan sampai bunganya mekar karena yang biasanya dibutuhkan adalah bunga yang kuncup. Cukup petik bagian bunganya saja tanpa mengikutkan ranting dan daunnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tunas tanaman cengkeh. Setelah memetik bunga, tempatkanlah bunga-bunga tersebut ke dalam keranjang atau wadah yang telah disiapkan.

SELAMAT MENCOBA...
 


CARA BUDIDAYA TANAMAN LABU 

 Cara menanam labu kuning  bisa dikatakan cukup mudah.
Baik itu pada langkah penanaman awal sampai pada saat pemanenan. Sehingga praktis tidak membutuhkan perlakuan yang istimewa. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
Adapun cara menanam labu kuning langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

Pembibitan
Pastikan benih yang tanaman yang Anda gunakan dalam cara menanam labu kuning mempunyai kualitas yang baik. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas tersebut dapat Anda lakukan dengan cara:
Memilih bibit dari buah labu kuning yang telah tua.Setelah mendapatkan buah yang diinginkan, selanjutnya potong melintah buah labu kuning dan ambil bijinya.Cuci bersih biji buah labu kuning dan keringkan di bawah sinar matahari kurang lebih selama 3 – 4 hari.Biji yang telah dijemur tersebut setelah 3 – 4 hari sudah dapat Anda manfaatkan untuk benih. Namun jika Anda ingin menyimpan benih tersebut maka kemaslah di dalam kertas atau alumunium foil. Penyimpanan akan lebih baik lagi jika udara yang berada di dalam alumunium foil dihisap keluar dengan menggunakan alat vacum. Kemudian benih yang dikemas tersebut disimpan dalam toples atau wadah yang telah diberi tambahan arang atau abu gosok.
Sumber : www.teguh809.blogspot.com  # makin cakep #

Proses Penanaman
Cara menanam labu kuning selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam dengan diameter 25 cm dan kedalamannya 20 cm. Setiap lubang tanam tersebut bisa Anda tambahkan dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg. Campur pupuk kandang dengan tanah bekas galian lubang tanam.Tutup kembali lubang tanam dengan tanah campuran tersebut sampai membentuk gundukan. Seminggu setelah itu benamkan dua biji benih labu kuning. Setelah itu taburkan abu sekam untuk menghindari serangan hama cacing dan bekicot. Abu sekam dapat terus Anda taburkan sampai pertumbuhan tanaman mencapai ketinggian 25 cm.

Pemeliharaan Tanaman
Labu kuning akan terus tumbuh dan batangnya akan terus memanjang. Demikian juga dengan cabangnya. Jika sulur dan batang Anda biarkan terus tumbuh dan merambat di tanah sebenarnya tidak masalah karena tanaman masih bisa berbuah, akan tetapi kualitas dan kuantitas buanya tidak dapat maksimal.Untuk itu kami sarankan Anda membuat ajir atau para – para sebagai tempat merambat sulur dan cabang tanaman labu kuning. Buah labu yang dihasilkan biasanya bisa mencapai berat antara 3 – 5 kg. Oleh karena itu pembuatan para – para haruslah dibuat dengan kuat sebab satu tanaman dapat menghasilkan buah sebanyak 10. Adapun tips untuk membuat para – para dalam cara menanam labu kuning adalah sebagai berikut:Lanjarkan potongan bambu dengan ukuran 2 m. Kemudian bambu tersebut Anda tanam ke dalam tanah sedalam kurang lebih 0,5 meter dan sisanya dapat Anda gunakan untuk tiang para – para.Ukuran tinggi tiang para – para dapat Anda buat seukuran tinggi Anda atau kurang lebih 1,5 meter dari atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam melakukan pemeliharaan tanaman. Untuk mencegah ambruknya para – para karena banyaknya buah dan beratnya buah yang dihasilkan maka satu batang tanaman dibutuhkan sekitar empat batang tiang dan satu turus.

Selama masa pemeilharaan tanama dalam cara menanam labu kuning, maka lakukanlah langkah – langkah perawatan sebagai berikut:

     Lakukan penyiangan pada lahan tanam sebanyak 2 – 3 kali dari tanaman pengganggu. Penyiangan pada cara menanam labu kuning dapat Anda lakukan pada saat tanaman berumur 10 hari, 3 minggu dan 6 minggu. Pada saat umur tanaman 3 minggu dan 6 minggu, selain melakukan penyiangan Anda juga dapat melakukan pembumbunan.  
      Pemupukan pada tanaman labu kuning sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan pada masa pemeliharaan ini. Akan tetapi jika tanaman labu kuning terus dibiarkan tumbuh dan berproduksi lebih dari 6 bulan maka setiap 3 bulan sekali perlu Anda berikan tambahan berupa pupuk kandang atau kompos dengan dosis 5 kg setiap tanamannya.
  Sumber : www.teguh809.blogspot.com

Masa Panen Tanaman Labu KuningLangkah terakhir cara menanam labu kuning adalah panen. Tanaman labu kuning bisa Anda panen pada saat berumur 50 – 60 hari setelah tanam. Panen dapat terus dilakukan dengan interval waktu 2 – 3 kali per minggunya. Buah labu kuning yang telah matang mempunyai warna kuning dengan tangkai buah yang telah mengering. Untuk memanennya Anda bisa melakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau yang tajam.



CARA BUDIDAYA TANAMAN CABAI

 Sumber : www.teguh809.blogspot.com

1. Bibit cabe
Cara menanam cabe tentu saja berawal dari bibit. Pertama-tama tentu saja Anda harus memiliki bibit cabe yang berkualitas. Cukup mudah memilih bibit cabe. Pilihlah bibit cabe yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Cara lain untuk mendapatkan bibit cabe adalah dengan membeli bibit cabe di toko. Namun jika Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di toko biasanya dalam sekala besar dan tentu saja mahal

2. Menyemai cabe
Langkah selanjutnya adalah dengan menyemai cabe. Gunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian. Masukkan tanah dan juga pupuk. Campur hingga tingginya polybag. Masukkan bibit cabe pada polybag dan siram setiap hari.
Lebih rinci lagi, begini cara menyemai bibit cabe agar cepat tumbuh:
》Siapkan tempat penyemaian. Polybag misalnya.
》Masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.
》Biarkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.
》Rendam bibit dalam air hangat selama 3 jam.
》Lalu letakkan benih pada polybag.
》Tutupi benih dengan tanah kira-kira 1 cm saja kedalamannya.
》Tunggu hingga benih berkecambah.Kemudian mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung.

3.Penanaman cabe
Setelah berumur 4 minggu, pindahkan benih cabe pada lahan yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag agar akar tidak rusak.Jika Anda tetap menggunakan polybag, gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. Bisa juga menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan.Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.

4. Pemupukan cabe
Selama masa penanaman, rajinlah memberi pupuk. Gunakan pupuk kompos sehingga cabe menjadi lebih organik.

5. Perawatan cabe
Jangan lupa untuk menyirami cabe setiap hari. Dan juga seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabe. Jika ada cabut secara rutin agar cabe bisa tumbuh dengan baik.

6. Panen
Ketika cabe telah tumbuh sempurna. Anda bisa melakukan panen.

Saya menjual Bibit lidah buaya seharga Rp5.000. Ayo beli di Shopee! https://shopee.co.id/tokomurahbersahabat/7916459075/


Atau langsung lewat 
wa @ 0822257986691

♥ V. A . K ♥
# fb_Soposopokono
# fb_teguh widodo
# gmail: widodoteguh809@gmail.com 

Kata motivasi dari saya :
" Setiap kegagalan membawa satu benih kesuksesan. "

Didukung oleh : 
# Teguh Marceting #
# BGR (Bangunsari Guyub Rukun )#
# Warung Lek Dian #

SEMOGA DAPAT BERMANFAAT...
Jangan lupa buka juga materi lainnya .
Di www.teguh809.blogspot.com