26.1.19

SANDI-SANDI PRAMUKA

Sandi Pramuka 
 Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, rahasia maupun tidak, dan tertulis maupun tidak tertulis. Hal ini juga berlaku di dunia kepramukaan. Dunia kepramukaan mengenal suatu komunikasi dengan menggunakan sandi pramuka.Sandi di dalam dunia kepramukaan sudah digunakan sebagai media pembelajaran bagi para anggota pramuka golongan siaga, penggalang, penegak, maupun pandega. Pemakaian sandi dalam pramuka harus disesuaikan dengan tingkatan ilmu yang dimiliki oleh golongan pramuka. Hal ini dilakukan agar penggunaan sandi dapat diterima dan dimengerti oleh masing-masing anggota pramuka.

DAFTAR ISI
1. Pengertian Sandi Pramuka
2. Sejarah Sandi Pramuka
3. Tipe Tipe Tulisan Rahasia
4. Manfaat Sandi Pramuka
5. Macam Macam Sandi Pramuka
6. Cara Membuat Sandi
7. Tips Menghafal Sandi Pramuka


Pengertian Sandi Pramuka
Sandi Pramuka Secara istilah, sandi berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti rahasia atau menyembunyikan.
Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sandi memiliki arti rahasia atau kode.
Jadi, sandi pramuka adalah tulisan dengan huruf sandi ini yang akan sulit dimengerti oleh kaum awam yang belum mempelajarinya.Meskipun sandi ini disebut sandi pramuka, namun penggunaannya tidak hanya dalam pramuka saja. Namun, sandi ini juga dipakai oleh dunia militer dan kepolisian untuk keperluan-keperluan tertentu. Oleh karena itu, mempelajarinya bukanlah tanpa manfaat.

Sejarah Sandi Pramuka
Sandi PramukaMunculnya sandi berawal dari para pahlawan pada zaman dahulu yang sering melakukan perjalanan dengan berkelana dan berpindah-pindah tempat. Untuk itu mereka harus Menggunakan suatu bentuk komunikasi rahasia yang tidak diketahui oleh lawan. Mereka kemudian menciptakan sandi untuk mengelabui musuh-musuhnya.Pada tahun 3000 SM di Kerajaan Babilonia ditemukan tulisan cuneiform. Tulisan cuneiform adalah salah satu tulisan kuno berbentuk paku yang ditulisakan di atas tanah liat. Untuk mengirimkan berita rahasia antar daerah, mereka menyukur rambut kepala budak kemudian menuliskan berita tersebut di kepalanya. Rambut budak tersebut dibiarkan tumbuh kembali baru kemudian budak dikirim ke tempat tujuan.Setelah berada di tempat tujuan, rambut kepala budak akan dicukur kembali untuk mengetahui pesan rahasia yang akan disampaikan. Cara ini sangat efektif digunakan oleh para pemimpin pada masa itu untuk mengelabui musuh.Julius Caesar mengirimkan berita rahasianya dengan Menggunakan sandi loncat. Sandi loncat dibuat dengan menuliskan huruf alphabet dalam satu garis kemudian memilih suatu angka rahasia misalnya adalah 3. Cara membaca sandi ini adalah dengan meletakkan telunjuk pada huruf A kemudian loncat ke samping sebanyak 3 huruf maka huruf yang ditunjuk adalah huruf D. Begitu seterusnya.Pada masa sekarang komunikasi sangat luas sehingga dibutuhkan suatu kerahasiaan dalam bidang-bidang tertentu baik di dinas maupun militer. Sandi juga digunakan oleh pramuka dalam bentuk sandi pramuka sebagai suatu media pembelajaran bagi anggota pramuka.

Tipe Tipe Tulisan Rahasia Sandi Pramuka
1. Kode dan Buku
KodeSetiap kode tertentu dapat digunakan untuk mengganti suatu kata atau kalimat. Biasanya kode yang dipilih menggunakan kata yang singkat dan efektif saat digunakan. Kumpulan kode ini terdapat di buku kode yang terdiri dari dua kolom. Kolom pertama berisi daftar kata yang akan disampaikan, sedangkan kolom kedua berisi daftar kode pengganti dari daftar kata yang akan disampaikan.Contoh penggunaannya adalah: misalkan berita yang akan disampaikan adalah “serangan di bukit”, pada buku kode tertuliskan bahwa serangan = lebah, di = jus, bukit = bunga. Maka, pesan yang dituliskan dalam sandi adalah “lebah jus bunga”. Untuk memecahkan sandi tersebut dibutuhkan buku kode.
2. SteganografiS
teganografi atau juga dikenal dengan tulisan tersembunyi merupakan suatu metode yang menyembunyikan atau menutup tulisan dengan menggunakan tinta invisible. Tulisan yang ditutup ini sangat kecil, sehingga untuk membacanya dibutuhkan mikroskop. Tipe tulisan ini sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi.Tipe tulisan steganografi dikembangkan oleh Marcus Tullius Tiro pada tahun 63 Sebelum Masehi. Tulisan ini dikenal dengan nama Notae Tironianae atau Catatan Tironian. Kemudian Boden Powel menyelidiki dan mempelajari sandi ini. Boden Powel berpikir bahwa sandi sangat bermanfaat dalam dunia kepramukaan dan menganjurkan setiap pandu mempelajari sandi pramuka.

Manfaat Sandi Pramuka
Sandi Pramuka
1. Komunikasi Antar Anggota ReguDalam suatu kegiatan pramuka pasti akan dibentuk beberapa kelompok regu. Sandi pramuka ini dapat digunakan untuk melakukan komunikasi rahasia antar anggota regu. Hal ini digunakan agar trik dari masing-masing regu tidak diketahui oleh regu-regu yang lain.
2. Meningkatkan Daya IngatSandi pramuka dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat masing-masing anggota pramuka karena mereka diwajibkan untuk hafal bermacam-macam jenis sandi.
3. Meningkatkan KecerdasanAnggota pramuka dapat meningkatkan kecerdasan karena mereka dituntut untuk berpikir dalam membaca suatu tulisan dengan menggunakan sandi.4. Sarana Belajar Anggota Pramuka untuk Menyelesaikan MasalahSandi pramuka akan membiasakan anggota pramuka untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mereka akan mulai terbiasa berpikir untuk membaca suatu sandi sehingga dalam kehidupan sehari-haripun mereka juga akan terbiasa untuk menyelesaikan masalah dari suatu tantangan yang dihadapinya.
5. Sarana Permainan Dalam KepramukaanSandi pramuka biasa digunakan sebagai permainan dalam kegiatan kepramukaan. Biasanya sandi ini digunakan sebagai pelengkap pada kegiatan outbond atau wide games. Di sini mereka akan diberi tantangan dengan menggunakan sandi pramuka sebagai petunjuk dalam melakukan perjalanan berikutnya.

Macam Macam Sandi Pramuka
Sandi Pramuka
1. Sandi Koordinat/ Merah Putih
Sandi koordinat disebut juga sebagai sandi merah putih. Cara menggunakannya adalah dengan membuat kata kunci MERAH PUTIH dalam bentuk tabel, di mana MERAH untuk baris dan PUTIH untuk kolom.
Kemudian isi tabel yang kosong dengan huruf alphabet A hingga Z. Dengan demikian maka dapat dilihat bahwa huruf A dituliskan dengan PM (baris P kolom M), dan seterusnya.Contohnya adalah: PRAMUKA ditulis dengan IM, IR, PM, TR, HM, TM, PM.
2. Sandi Napoleon
Sandi napoleon adalah sandi pramuka yang diambil dari nama Napoleon Bonaparte seorang kaisar di Perancis. Untuk membuat sandi ini anda perlu menghitung jumlah huruf dalam setiap kalimat kemudian bagi menjadi 3 bagian sama banyak. Baris pertama ditulis dari kanan ke kiri, baris kedua ditulis dari kiri ke kanan, dan baris ketiga ditulis dari kanan ke kiri kembali.
3. Sandi JamSandi jam adalah sandi yang dibuat dengan menentukan waktu tertentu sebagai patokannya. Misalnya saja pukul 06.00 menunjukkan huruf A maka jika beda waktu yang akan digunakan adalah setiap 5 menit maka pukul 06.05 menunjukkan huruf B, begitu seterusnya. Beda waktu yang digunakan dapat anda buat menjadi 10 menit, 15 menit, 30 menit, dan lain sebagainya.
4. Sandi Angka/ Nomor
Sandi angka adalah sandi pramuka dengan memberikan penomoran pada masing-masing alphabet. Huruf A berarti nomor 1, huruf B berarti nomor 2, dan seterusnya hingga huruf Z yang berarti nomor 26. Contoh penulisannya adalah misalkan anda mau menuliskan kata PRAMUKA maka anda dapat menggunakan sandi ini dengan 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.
5. Sandi Siput
Cara membaca sandi siput adalah membaca dengan cara berputar menyerupai rumah siput. Awal huruf yang ada pada sandi ini biasanya diberi tanda tertentu kemudian anda cukup membacanya dengan memperkirakan arah gerakannya.
6. Sandi Semaphore
Sandi semaphore adalah sandi pramuka dengan menggunakan bendera yang digerakkan dengan kedua tangan. Masing-masing huruf alphabet memiliki bentuk sandi yang berbeda menggunakan sandi semaphore ini. Sandi ini biasa digunakan untuk parade semaphore yaitu penampilan tarian bendera yang kreatif.
7. Sandi ANDSandi AND adalah sandi yang menggunakan kata kunci AND dalam setiap katanya. Hal ini berarti untuk menuliskan kalimat maka diselipkan AND untuk masing-masing katanya. Cara membacanya cukup mudah, anda hanya perlu menghapus AND dan pesan yang dituliskan dapat anda mengerti. Contohnya adalah PANDU ANDA SANDA yang berarti PUASA.
8. Sandi Braille
Sandi braille adalah sandi pramuka yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sandi ini digunakan untuk kaum tuna netra. Huruf-huruf braille terdiri dari enam titik timbul yang dapat diraba oleh tuna netra untuk membacanya.
9. Sandi Helen Keller
Sandi Helen Keller juga hampir sama dengan sandi braille dalam segi manfaatnya. Sandi ini digunakan untuk kaum tuna rungu dan tuna wicara. Sandi Helen Keller menggunakan simbol dari jari untuk membentuk suatu pola huruf alphabet.
10. Sandi Morse
Sandi morse adalah sandi pramuka yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi ini terdiri dari kumpulan titik dan garis yang membentuk suatu huruf atau kalimat. Aplikasi sandi morse digunakan untuk membentuk sandi-sandi yang lain.Sandi morse dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa media yaitu:a. Suara, menggunakan peluitb. Sinar, menggunakan senterc. Tulisan, menggunakan simbol titik ( . ) dan garis ( – )d. Bendera, menggunakan bendera morse
11. Sandi Rumput
Sandi rumput merupakan salah satu bentuk aplikasi turunan dari sandi morse. Sandi ini berbentuk seperti rumput, di mana titik pada sandi morse dituliskan dengan rumput yang pendek sedangkan garis pada sandi morse dituliskan dengan rumput yang tinggi
.12. Sandi Kimia
Sebenarnya sandi kimia adalah hanya tulisan morse tetapi sandi ini dikenal dengan nama sandi kimia karena menyerupai huruf/simbol yang ada pada rumus kimia. Ketentuan dalam penggunaan sandi kimia adalah:Titik merupakan huruf hidup atau vokal yaitu a, i, u, e, o.Strip merupakan huruf mati atau konsonan yaitu semua huruf alphabet kecuali a, i, u, e, o.Contoh penggunaannya adalah: misalkan anda mau menuliskan “KAMI” dalam sandi morse adalah -.- / .- / — / .. maka dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO atau KOH + OH + H2 + O2.

Cara Membuat Sandi
Sandi Pramuka Boden Powel mengatakan bahwa sandi pramuka bisa anda buat sendiri. Anda dapat berlatih membuat kode atau sandi sederhana untuk berkomunikasi dengan teman. Kode yang anda buat ini dapat digunakan untuk keperluan anda sendiri. Berikut cara mudah yang dapat anda lakukan untuk membuat sandi:
1. Tulislah dengan kata-kata secara terbalikCara ini adalah cara sederhana untuk menyandikan sebuah pesan sehingga tidak bisa dibaca dengan sekilas saja. Namun, cara ini adalah metode yang biasa dilakukan dan sangat mudah pemecahannya. Contoh penggunaannya adalah: pesan bertuliskan “serangan di bukit” dapat anda tuliskan “nagnares id tikub”.
2. Gunakan metode pencerminan urutan abjad sampai separuh alphabet untuk menyandikanMetode ini adalah metode seperti tulisan yang diberi cermin. Anda dapat membagi 2 bagian huruf alphabet yaitu A sampai M di dalam satu baris pertama. Kemudian tulis huruf N sampai Z dalam satu baris di bagian bawah huruf A dan M. Maka A berarti N, B berarti O, dan sebaliknya. Contoh penggunaannya adalah jika anda menuliskan kata “halo” maka berubah menjadi “unyb”.A B C D E F G H I J K L MN O P Q R S T U V W X Y Z
3. Gunakan metode sandi kotak (tic tac toe)Seperti dalam permanian tic tac toe, anda dapat membuat sandi ini dengan menggambar sebuah petak 3×3 pada kertas. Tulis huruf A sampai I dengan ketentuan: baris pertama terdiri dari huruf A, B, C; baris kedua terdiri dari D, E, F; dan baris ketiga terdiri dari G, H, I.
4. Gunakan metode petak tic tac toe dengan penambahan titikMetode ini adalah kelanjutan dari metode tic tac toe untuk huruf A sampai I. Tulis huruf J sampai Z dengan ketentuan: baris pertama terdiri dari huruf J, K, L; baris kedua terdiri dari M, N, O; dan baris ketiga terdiri dari P, Q, R. Bedanya adalah gunakan tanda titik ( ∙ ) dalam kotak tersebut.
5. Buatlah dua petak berbentuk huruf XMetode ini adalah metode kelanjutan dari metode tic tac toe kotak. Untuk menggunakan metode ini tulislah 2 huruf X besar pada selembar kertas. Huruf X yang pertama tulislah S di bagian atas, T di sebelah kiri, U di sebelah kanan, dan V di bagian bawah. Huruf X yang kedua berikan simbol titik ( ∙ ) dan tulislah W di bagian atas, X di sebelah kiri, Y di sebelah kanan, dan Z di bagian bawah.

Tips Menghafal Sandi -Sandi Pramuka
1. Sandi Morse
Untuk menghafalkan sandi morse anda perlu menggunakan cara: baca – hafalkan – ulangi terus menerus – buka buku – latihan membaca dengan sandi morse.
2. Sandi Rumput
Jika anda sudah hafal dengan sandi morse, anda akan mudah menghafalkan sandi rumput. Anda hanya perlu menuangkan sandi morse menjadi sandi rumput. Maka cara menghafalkannya yaitu: hafalkan sandi morse – ulangi terus menerus – buka buku – ubah sandi morse menjadi sandi rumput.
3. Sandi Semaphore
Anda tidak perlu menggunakan bendera ketika menghafalkan sandi semaphore. Anda bisa menghafalkannya cukup dengan menggunakan tangan kosong saja. Cara yang dapat anda coba untuk menghafalkannya adalah: pelajari – praktikkan – cari tulisan di sekeliling – gunakan sandi semaphore untuk menterjemahkan tulisan – ulangi terus menerus.
4. Sandi kimia
Sandi kimia termasuk golongan sandi pramuka yang cukup sulit. Sandi ini memerlukan daya ingat yang cukup kuat. Tips untuk menghafal sandi kimia adalah: harus suka pelajaran kimia – baca – pelajari – buat hafalan dengan imajinasi sendiri – latihan secara terus menerus.
5. Sandi koordinat
Jika hanya membayangkan saja sandi koordinat akan sulit terbaca. Tips menghafalnya adalah: baca – mempelajari – mengetahui model dan cara mainnya – mempraktikkannya dengan berulang-ulang
.6. Sandi Hellen Keller
Sandi ini biasanya menggunakan tangan kanan. Tips menghafalkannya adalah: baca – pelajari – praktikkan dengan teman – ajak teman belajar bersama dengan tanya jawab – ulangi terus menerus. Sandi yang satu ini diadaptasi dari seorang wanita bernama Hellen Keller.
Di atas merupakan penjelasan mengenai sandi pramuka.
Sandi ini dipelajari oleh setiap anggota pramuka sebagai sarana komunikasi dan dapat menjadi bekal untuk survive di dunia yang sebenarnya. Untuk memahaminya anda hanya perlu berlatih secara terus menerus dan jangan mudah putus asa. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Didukung oleh :
# Teguh Marceting#
# BGR ( Bangunsari Guyub Rukun )
# Warung Lek Dian #

SEJARAH PRAMUKA



Sejarah Singkat Kepramukaan Dunia dan Kepramukaan Indonesia

Untuk dapat memahami hakekat Kepramukaan kita perlu mempelajari sejarah berdirinya dan berkembangnya Gerakan Pramuka. Kalau kita pelajari sejarah tersebut kita tidak lepas dari riwayat hidup pendiri Kepramukaan dunia yaitu Lord Robert Baden Powell of Gilwill.Pengalaman hidup beliau tercetus untuk mengeluarkan gagasan mengenai pembinaan para remaja di negeri Inggris. Pembinaan inilah yang kemudian tumbuh berkembang sehingga menjadi Gerakan Pendidikan Kepramukaan sekarang.Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London. Nama yang sebenarnya adalah Robert Stephenson Smyth, sedangkan ayah beliau seorang Profesor Geometri di Universitas Oxford, yang bernama Baden Powell yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.Pengalaman Baden Powell sejak kecil yang berpengaruh pada kegiatan Kepramukaan yang cukup menarik dan cukup banyak, antara lain adalah :1.       Ditinggal bapaknya sejak kecil, dan mendapat Pembinaan watak dari ibunya.2.       Latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olahraga dan lain-lainnya didapat dari kakak-kakaknya.3.       Baden Powell sangat disenangi teman-temannya karena selalu gembira, lucu, cerdas, suka bermain musik, bersandiwara, berolahraga, mengrang dan menggambar.4.       Berpengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang, dan diketemukan di puncak gunung, serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball-O’Hara.5.       Pengalaman terkepung bangsa Boer dikota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari, dan kekurangan makan.6.       Berpenglaman mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik-manik kayu miliki raja Dini Zulu.Pengalam ditulis dan dibukukan menjadi sebuah buku dengan judul “Aids to Scouting” yang sebenarnya memberi petunjuk kepada tentara muda Inggris, agar dapat melakukan tugas penyelidik dengan baik. Bukunya sangat menarik, tidak hanya bagi pemuda bahkan orang dewasa.Tn. William Smyth sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan cerita pengalaman beliau itu. Lalu dipanggillah sebanyak 21 orang pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah negeri Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Brownsea pada tanggal 25 Juli 1907 selama delapan hari. Pada tahun 1910 Baden Powell minta pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Beliau mendapat titel Lord dari raja Georgepada tahun 1929. Baden Powell menikah dengan Olave St Clair Soames pada tahun 1912 dan dianugrahi tiga orang anak, yaitu Hetter,Peter dan Betty. Baden powell meninggal pada tanggal 08 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.KEPRAMUKAAN DUNIA.1.       Pada awal tahun 1908 Baden Powell selalu menulis cerita pengalamannya sebagai bungkus acara latihan Kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya itu kemudian terbit sebagai buku “Scouting for boys”. Buku ini cepat tersebar ke seluruh negeri Inggris, bahkan ke negara-negara lainnya, dan berdirilah dimana-mana organisasi Kepramukaan (yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia Penggalang) yangdisebut Roy Scout.2.       Kemudian disusul berdirinya organisasi Kepramukaan puteri yang diberi nama Girl Guides atas bantuan Agnes, adik perempuan Baden Powell, dan kemudian di teruskan oleh Ny. Baden Powell.3.       Tahun 1916 berdiri kelompok Pramuka Siaga yang disebut CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book, berisi cerita tentang MOWGLI anak didik rimba (anak yang dipelihara di hutan oleh induk serigala) karangan RUDYARD KIPPLING sebagai cerita pembungkus kegiatan CUB tersebut.4.       Tahun 1918 Baden Powell membentuk ROVER SCOUT (Pramuka usia Penegak) untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun, tetapi masih senang giat di bidang Kepramukaan. Tahun 1922 Baden Powell menerbitkan buku ROVERING TO SUCCES (mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk bagi Pramuka Penegak dalam menghadapi hidupnya, agar mencapai kebahagiaan. Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya sendiri menuju ke pantai bahagia, yang dihadapannya terdapat karang-karang yang berbahaya,   yaitu :a.     Karang perjudian.b.    Karang Wanita.c.     Karang Minuman keras dan merokok.d.    Karang mementingkan diri sendiri dan mengorbankan oranmg lain.e.    Karang tidak ber-Tuhan.5.       Tahun 1920 diselenggarakan Jambore sedunia, di Arena Olympia, London. Baden Powell telah mengundang 27 negara, dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Dunia(Chief Scout of The World).Tahun 1924 Jambore Dunia II di Emerlunden, Copenhagen, Denmark.Tahun 1929 Jambore Dunia III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris.Tahun 1933 Jambore Dunia IV di Godollo, Budaperst, Hongaria.Tahun 1937 Jambore Dunia V di Vogelenzang, Bloemendaal, Belanda.Tahun 1947 Jambore Dunia VI di Moison, Prancis.Tahun 1951 Jambore Dunia VII di Salz Kamergut, Austria.Tahun 1955 Jambore Dunia VIII di Ontaria, Canada.Tahun 1957 Jambore Dunia IX di Sutton Park, Sutton Codfid, Inggris.Tahun 1959 Jambore Dunia X di Makiling, Philipina.Tahun 1963 Jambore Dunia XI di Marathon, Yunani.Tahun 1967 Jambore Dunia XII di Idaho. Amerika Serikat.Tahun 1971 Jambore Dunia XIII di Asagiri, Jepang.Tahun 1975 Jambore Dunia XIV di Lillahmmer, Norwegia.Tahun 1979 Jambore Dunia yang seharusnya di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan.Tahun 1983 Jambore Dunia XV di Kananaskis, Arberta, Canada.Tahun 1991 Jambore Dunia XVI di Korea Selatan.Tahun 1995 Jambore Dunia XVII di Malaysia.Tahun 1999 Jambore Dunia yang seharusnya dilaksanakan di Indonesia dibatalkan.Tahun 2002 Jambore Dunia XVIII di Thailand.6.       Pada tahun 1914 mulai menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka. Rencana ini baru dapat dilaksanakan mulai tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F De Bois Mac Laren, Baden Powell mendapat sebidang tanah di Chingford, yang digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka. Tempat ini terkenal dengan nama GILWILL PARK.7.       Sejak tahun 1920 di bentuk dewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Kesekretariatnya yang berada di London, Inggris. Pada tahun 1959 Biro Kepramukaan Dunia (putera) dipindahkan dari London ke Ottawa di Canada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro Kepramukaan Dunia (putera) dipindahkan lagi ke Genewa, Swiss. Sejak tahun 1920 sampai tahun 1965 Biro Kepramukaan Dunia dipegang berturut-turut oleh Hubert Martin (Inggris), Kolonel J.S Wilson (Inggris), Mayor Jenderal D.C Spry (Canada). Tahun 1965 D.C Spry diganti R.T Lund, sejak 1 mei 1968 dipegang oleh DR. Lazlo Magy sebagai Sekretaris Jenderal. Biro Kepramukaan dunia (putera) hanya mempunyai 40 orang tenaga staf, yang ada di Genewa dan 5 kantor kawasan, yaitu Costarica, Mesir, Philipina, Swiss, dan Nigeria. Bori Kepramukaan Dunia puteri sampai sekarang tetap berada di London, dan juga mempunyai kantor di lima kawasan, yaitu Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Serikat.KEPRAMUKAAN INDONESIAPendidikan Kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sejarah Kepramukaan di Indonesia perlu kita pelajari, yaitu dengan maksud :-          Agar mengetahui proses pembentukkan dan pengembangan Gerakan Pramuka dan mengetahui pula peranan apa yang dilakukan dalam perjuangan bangsa Indonesia.-          Agar mengetahui dan menginsyafi kedudukan Gerakan Pramuka dalam hubungan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.-          Agar dapat memahami kebijaksanaan dalam menyelenggarakan usaha pendidikan Kepramukaan di Indonesia.1.    Pada tahun 1908 Letnan Jenderal Lord Robert Baden Powell dari Inggris melancarkan suatu gagasan tentang pendidikan di luar sekolah untuk anak Inggris, dengan tujuan supaya mereka menjadi menusia Inggris, warga Inggris, dan anggota masyarakat Inggris yang baik, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kerajaan Inggris Raya Ketika itu.2.    Untuk itu beliau mengarang suatu buku yang terkenal, yaitu buku “Scouting for Boys”. Buku ini memuat cerita pengalaman beliau dan latihan apa yang diperlukan untuk para Pramuka.3.    Gagasan Baden Powell itu jitu, cemerlang dan sangat menarik sehingga dilaksanakan juga di negara-negara lain, diantaranya di Nederland (Panvinder, Padvinderij).4.    Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa dan dilaksanakan juga dijajahannya disini (Nederland Oos Indie), dan didirikan oleh orang-orang Belanda di Indonesia organisasi yang bernama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda).5.    Pemimpin-pemimpin dalam pergerakan nasional mengambil alih gagasan Baden Powell, dan dibentuklah orgainisasi-organisasi kepanduan yang bergerak dengan tujuan membentuk manusia yang baik menjadi kader pergerakan nasional. Didirikan bermacam-macam organisasi-organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Panvinders Organizatie), JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitische Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Panvindery), HW (Hisbul Wathon) dan sebagainya.6.    Sumpah Pemuda yang dicetuskan dalam kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, benar-benar menjiwai pergerakkan Kepanduan Nasional Indonesia untuk bergerak lebih maju.7.    Adanya larangan pemerintah Hindia Belanda kepada kepanduan diluar NIPV untuk menggunakan istilah Panvinder dan Panvindery, maka H. Agus Salim menggunakan istilah pandu dan kepanduan untuk menggantikan istilah asing padvinder dan Padvindery itu.8.    Dengan meningkatnya kesadaran Nasional Indonesia, maka timbullah niat untuk menggerakkan persatuan antara organisasi-organisasi kepanduan ini menjadi kenyataan pada tahun 1930 dengan adanya INPO (Indonesische Padvinders Organizatie), PK ( Pandu Kesultanan) dan PPS (Pandu Pemuda Sumatra) berdiri menjadi satu organisasi yaitu KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia) kemudian terbentuklah suatu federasi yang dinamakan Persatuan Antar Pandu-pandu Indonesia (PAPI) pada tahun 1931, yang kemudian berubah menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada tahun 1938.9.    Waktu pendudukan Jepang (perang dunia II) oleh penguasa Jepang di Indonesia organisasi kepanduan di Indonesia itu dilarang adanya tokoh-tokoh pandu banyak yang masuk dalam organisasi Seindendan, Keibodandan, Pembela Tanah Air (PETA).10. Sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diwaktu berkobarnya perang kemerdekaan dibentuklah organisasi kepanduan yang berbentuk kesatuan, yaitu Pandu Rakyat indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Solo, sebagai satu-satunya organisasi kepanduan didalam wilayah negara Republik Indonesia.11. Setelah pengakuan kedaulatan, maka didalam alam liberal, terbukalah kesempatan kepada siapapun untuk membentuk organisasi kepanduan. Berdirilah kembali HW, SIAP, Pandu Islam Indonesia, Pandu Kristen, Pandu Katholik, KBI dal lain-lain.12. Menjelang tahun 1961 kepanduan Indonesia telah terpecah-pecah menjaddi lebih dari 100 organisasi kepanduan, satu keadaan yang terasa sangat lemah, meskipun sebagian dari pada organisasi-organisasi itu terhimpun dalam tiga federasi organisasi-organisasi kepanduan putera dan federasi organisasi-organisasi kepanduan puteri yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia pada tanggal 13 September 1951), POPPINDO (Persatuan Organisasi Pandu Puteri Indonesia pada tahun 1954) dan PKPI (perserikatan Kepanduan Puteri Indonesia). Tahun 1955 IPINDO berhasil menyelenggarakan Jambore Nasional I di Pasar Minggu, Jakarta.13. Mengalami kelemahan itu, maka ketiga federasi tersebut melebur diri menjadi satu yang diberi nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). Akan tetapi hanya kira-kira 60 buah saja dari 100 lebih organisasi kepanduan itu yang ikut didalam federasi PERKINDO, dan jumlah anggota secara keseluruhan lebih kurang hanya 500.000 orang.14. Di dalam federasi itu sebagian dari 60 oraganisasi-organisasi anggota PERKINDO, terutama yang ada dibawah Onderbouw organisasi politik atau organisasi massa, tetap berhadap-hadapan berlawanan satu sama lain, sehingga tetap terasa lemahnya Gerakan Kepanduan Indonesia.15. PERKINDO membentuk suatu panitia untuk memikirkan suatu jalan keluar. Panitia itu menyimpulkan bahwa selain terpecah-pecah, gerakan kepanduan Indonesia itu lemah pula karena terpukau dalam cengkeraman gaya lama yang tradisionil dari kepanduan Inggris, pembawaan dari luar negeri. Hal ini mengakibatkan bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Kepanduan Indonesia itu belum disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan bangsa dan masyarakat Indonesia, maka ketika itu Gerakan Kepanduan Indonesia kurang memperoleh tanggapan dari bangsa dan masyarakat Indonesia.16. Kelemahan Gerakan Kepanduan Indonesia itu masih dipergunakan oleh pihak komunis sebagai alasan untuk memaksa Gerakan Kepanduan Indonesia menjadi Gerakan Pionier Muda seperti yang terdapat di negara-negara Komunis.17. Akan Tetapi kekuatan Pancasila didalam PERKINDO menentangnya, dan dengan bentuan Perdana Menteri Juanda, dan dengan bantuan mereka menghasilkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditanda-tangani oleh Ir. Juanda sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia, karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke negeri Jepang.18. Gerakan Pramuka adalah suatu perkumpulan yang berstatus non-govermental (bukan badan pemerintah), dan yang berbentuk kesatuan, Gerakan Pramuka diselenggrakan menurut jalan aturan demokrasi, dengan pengurusnya (Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting) dipilih didalam musyawarah.19. Semua organisasi-organisasi kepanduan di Indonesia, kecuali yang diselenggarakan oleh komunis melebur diri dalam Gerakan Pramuka.20. Didalam Keputusan Presiden nomor 238 tahun 1961 tersebut diatas, Gerakan Pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan diwilayah Republik Indonesia yang diperbolehkan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia, organisasi lain yang menyerupai, yang sama dan yang sama sifatnmya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.21. Didalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka ditetapkan dasar Gerakan Pramuka adalah Pancasila dan didalam Anggaran Dasar itu ditetapkan pula bahwa Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia dengan Prinsip Dasar dan Metodik Pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar supaya menjadi manusia-manusia Indonesia yang baik, anggota masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.22. Ketentuan didalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka tentang Prinsip Dasar dan Metodik Pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia itu yang nyata kemudian membawa banyak perubahan, yang membawa Gerakan Pramuka dapat mengembangkan kegiatannya secara meluas. Prinsip Dasar dan Metodik pendidikan Kepramukaan sebagaimana dirumuskan oleh Lord Robert Baden Powell itu tetap dipegang, akan tetapi cara pelaksanaannya itu dirubah, yaitu diserasikan dengan keadaan dan kebutuhan nasional di Indonesia, dengan keadaan dan kebutuhan lokal masing-masing desa di Indonesia.23. Gerakan Pramuka itu ternyata jauh lebih kuat organisasinya, dan nyata memperoleh tanggapan dari masyarakat luas, sehingga dalam waktu singkat organisasinya telah berkembang dari kota-kota sampai- kampung-kampung dan desa-desa. Jumlah anggotanya meningkat pesat. 24. Kemajuan pesat itu adalah juga berkat sistem Majelis Pembimbing yang dijalankan oleh Gerakan Pramuka pada tiap tingkat, dari tingkat Nasional sampai tingkat Gugusdepan.25. Mengingat bahwa kira-kira 80% dari pada penduduk Indonesia tinggal di desa dan mengingat pula bahwa kira-kira 75% adalah keluarga petani, maka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada tahun organisasi yang pertama (tahun 1961) sudah menganjurkan supaya Pramuka menyelenggarakan kegiatan dibidang pembangunan masyarakat desa.26. Pelaksanaan anjuran itu, terutama di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian Jawa Timur dan Jawa Barat telah menarik perhatian pemimpin-pemimpin masyarakat Indonesia. Maka pada tahun 1966 Menteri Pertanian dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan instruksi bersama, yaitu tentang pembentukan Satuan Karya Pramuka Tarunabumi.27. Satuan-satuan Karya Pramuka Tarunabumi itu dibentuk dan diselenggarakan khsus memungkinkan adanya kegiatan-kegiatan Pramuka dibidang Pendidikan cinta pembangunan pertanian dan pembangunan masyarakat desa secara lebih nyata dan lebih intensif. Disamping itu ada pula Satuan Karya Pramuka Dirgantara, Satuan Karya Pramuka Bahari, Satuan Karya Pramuka Bhayangkara, yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dibidang pendidikan cinta Dirgantara, pendidikan cinta Bahari, dan pendidikan cinta Ketertiban masyarakat. Satuan-satuan Karya Pramuka tersebut terdiri dari Pramuka Penegak (16 sampai dengan 20 tahun) dan Pramuka Pandega (12 sampai dengan 25 tahun) yang berminat. Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang, yaitu yang berusia 7 sampai dengan 10 tahun dan 11 sampai dengan 15 tahun, tidak ikut dalam Satuan Karya Pramuka tersebut, akan tetapi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam Gugusdepannya menjadi Instruktur bagi adik-adiknya dan rekan-rekannya Pramuka dalam kecakapan yang diperolehnya sebagai anggota Satuan Karya Pramuka yang dimaksudkan.28. Kegiatan-kegiatan Satuan Karya Pramuka Tarunabumi ternyata membawa pembaharuan bahkan membawa juga semangat untuk mengusahakan penemuan-penemuan baru (Inovasi) pada pemuda-pemuda desa yang selanjutnya mempengaruhi seluruh rakyat desa.29. Perluasan Gerakan Pramuka sampai di desa-desa, kegiatan dibidang pembangunan pertanian dan pembangunan masyarakat desa, dan pembentukan serta penyelenggaraan Satuan-satuan Karya Pramuka Tarunabumi, telah mengalami kemajuan pesat, sehingga menarik perhatian Badan Internasional seperti FAO, UNICEF, UNESCO, ILO dan BOY SCOUT WORLD BUREAU.30. Dalam perkembangan masyarakat Indonesia dewasa ini, dihadapi berbagai problem-problem social kepadatan penduduk, urbanisasi dan sebaginya. Berhubungan dengan itu maka pada tahun 1970 Menteri Transmigrasi dan Koperasi dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan instruksi yaitu tentang Partisipasi Gerakan Pramuka dalam menyelenggarakan transmigrasi dan Pembinaan Gerakan Koperasi.31. Dan berhubung dengan masalah droup outs (anak-anak yang berhenti sekolah ditengah jalan), maka Gerakan Pramuka juga mengarahkan perhatiannya kepada pendidikan kejuruan, untuk memberi bekal hidup kelak kepada anak-anaknya, pemuda-pemuda terutama pada droup outs itu. Untuk itu diadakan kerjasama dengan Departemen Perindustrian.32. Dalam Rangka usaha peningkatan kecakapan, keterampilan dan bakti masyarakat, Gerakan Pramuka mengadakan kerjasama dengan banyak instansi seperti Palang Merah Indonesia, Bank Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Agama dan lain-lain.

PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA


Assallamualaikum wr.wb
MENURUT SAYA PROSES PENYEBARAN ISLAM DIINDONESIA ADALAH SEBAGAI BERIKUT!!!!!

          Proses penyebaran agama islam dindonesia bersifat damai,penuh ketrentramsn ,persamaan, dan persaudaraan. Proses penyebarannya bersifat pelan-pelan dan tidak bersifat memaksa,jadi penyebaran islam di indonesia secara bertahap, proses penyebaran islam diindonesia dilakukan melalui budaya orang indonesia dan penyebarannya tidak merubah budaya leluhur menjadi budaya arab tetapi hanya mengajarkan ajarannya saja, dalam penyebaran agama islam ulama atau para kyai langsun terjun dan berbaur dengan masyarakat tanpa ada perbedaan yang menonjol diantara mereka sehingga ajaran agama mudah diterima oleh msyarakat indonesia.
          Proses penyebaran agama islam dindonesia tidak terlepas melalui jalur perdagangan dan yang menerima ajaran agama islam pertama kali biasanya orang yang tinggal di daerah pesisir, sebab pada jaman dahulu alat transportasi untuk berjalan antar pulau atau antar negara yang letaknya jauh bisanyang menggunakan alat transportasi berupa kapal dan melalui jalur laut, sehingga orang-orang atau pedagang dari wilayah lain yang beragama islam banyak berlabuh di pesisir laut indonesia terutama di sekitar selat malaka karena letaknya yang strategis dan pedagan tersebut tau bahwa di indonesia itu banyak rempah-rempahnya.
           Para pedagang tersebut singgah di pesisir pantai indonesia itu ada yang hanya beberapa saat sambil menunggu waktunya kembali ke negara atau daerahnya mereka memanfaatkannya untuk memperkenalkan ajaran agama islam ke warga pesisir.dan dan ada pula yang memilih menetap di daerah tersebut dan meneruskan kegiatan penyebaran ajarannya dan bahkan ada yang menikah dengan orang yang ada di daerah tersebut, ada juga proses penyebaran agama islam khususnya di pulau jawa dilakukan oleh sekelompok oran yang berjumlah sembilan orang yang biasanya disebut dengan
 wali songo yan terdiri dari sunan gresik, sunan ampel, sunan giri, sunan bonang, sunan kalijaga, sunan gunung jati, sunan drajat, sunan kudus,sunan muria.
          Orang-orang ini pada umumnya masih ada hubungan kekeluargaan diantara mereka dan mereka biasanya menyebarkan agama islam dengan cara berpisah supaya merata seluruh jawa, mereka juga biasanya menyebarkan agama islam di daerahnya masing-masing,serta cara penyampaiannya kepada masyarakat juga berbeda-beda ada yang menggunak media kebudayaan sepertin wayang,gamelan,lagu daerah ,serta tembang2,dan ada juga yang menggunakan cara lain seperti berdakwah, berdagang dan masih banyak lagi, Para wali menyebarkan agama islam tidak hanya kepada 1!!!!masyarakatnya saja tetapi kepada raja-raja yang memimpin kerajaan didaerah tertentu
Sehingga diharapkan jila rajanya bisa memeluk agama islam akan diikuti oleh rakyatnya,
Penyebarannya tidak hanya sampai disitu tetapi dengan cara mendirikan kerajaan yang bercorak islam atau juga kerajaan islam yakni kerajaan samudra pasai .
              Proses penyebaran islam dindonesia sangatlah berkembang pesat seiring berdirinya kerajaan-jerajaan islam diindonesia dan berfitinya pondok pesantren-pondok pesantren diindonesia , pondok pesantren tersebut membantu menyebarkan agama islam melalui jalur pendidikan,selain itu para ulama menyebarkan agama islam melalui jalur lainnya seperti jalur budaya seperti pertunjukan wayang,alat musik gamelan ,dll. Jalur politik danjalur perkawinan, misalnya menikahkan orang muslim dengan orang non muslim tetapi mau masuk islam.
             Faham- faham yang berkembang di indonesia :
             Faham -faham yang berkembang di indonesia yang saya ketahui ada 2 macam yaitu faham NU(nahdalatul ullama) dan muhammadiyah , faham NU didirikan oleh KH.hasym asy'ari. Sedangkan faham muhammadiyah didirikan oleh KH.A Dahlan .kedua faham itu ada sedikit perbedaan seperti jika saat melakukan solat subuh, NU menggunakan doa qunut dan sedangkan muhammadiyah tidak menggunakan,dan muhammadiya hanya berpedoman pada alqurab saja . Sedangkan NU berpedoman pada alQuran dan hadis. Tetapi keduanya mengakui bahwa mereka ahli sunah waljamaah.


SEKIAN DARI SAYA JIKA ADA KURANG LEBIHNYA SAYA MOHON MAAF YANG SEBESAR BESARNYA!!!!!!!!!!!!
WAssalamuallaikumWr.wr

Didukung oleh:
# Teguh marceting#
# BGR ( Bangunsari Guyub Rukun )
# Warung Lek Dian )

MATERI PRAMUKA LENGKAP

Istilah tali temali dalam pramuka, sering kali kita mencampur adukkan antara tali, simpul dan ikatan hal ini sebenarnya berbeda. Berikut kami jelaskan perbedaannya di bawah ini :
Tali : Bendanya
Simpul : Adalah tali dengan tali
Ikaran : Merupakan Tali dengan benda lain ( seperti tali yang diikatkan dengan tongkat dan sebagainya).Hasil bentukan dari tali, yakni terdiri dari, ikatan, simpul dan jerat. Simpul, Ikatan dan jerat yang baik dan benar adalah ikatan, simpul dan jerat yang bisa digunakan dengan kuat, tidak mudah lepas serta mudah untuk dilepas kembali.TALI TEMALI DALAM PRAMUKAKali ini kami akan memberikan gambaran tentang tali temlai dalam pramuka beserta fungsinya. Berikut kami akan membahasnya satu persatu :A. SimpulSimpul merupakan hasil atau bentukan dari satu atau dua utas taliMACAM-MACAM SIMPULDikalangan kita, di negara Indonesia tali temali, simpul dalam pramuka lebih dikenal dengan sebutan, simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul laso, simpul jangkar.SIMPUL HIDUPSimpul hidup fungsinya untuk mengikat suatu benda dengan kuat, tapi untuk melepasnya tidak susah, tali temali simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat hewan.Fungsi : dalam Pramuka simpul hidup ini berfungsi untuk mengikat tiang SIMPUL MATISimpul mati adalah simpul yang biasanya digunakan untuk mengakhiri suatu simpul. Walaupun simpul ini terlihat mudah dalam membuatnya, namun banyak juga yang salah dalam membuatnya.My Site – WordPress.comFungsi : Simpul Ini berfungsi untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya dan tidak licin. Video Tali Temali Kehidupan sehari-hari :SIMPUL PANGKALSimpul Pangkal merupakan salah satu simpul yang sering sekali digunakan untuk mengawali atau mengakhiri suatu simpul lainnya.Seperti contoh; Apabila kamu ingin membuat simpul palang maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pangkal terlebih dahulu pada salah satu tongkat.Terdapat dua cara dalam membuat tali temali simpul ini, yaitu pertama dengan cara membuat lingkaran dan yang kedua dengan cara dililitkan.pramuka.comFungsi:  Simpul pangkal berfungsi untuk permulaan ikatan dalam mengikat tali pada tongkat atau tiang, kayu. SIMPUL JANGKAR (COW HITCH) Dalam cara pembuatan simpul jangkar tidak begitu sulit alias mudah. Ada beberapa cara dalam membuat tali temali simpul jangkar ini salah satunya adalah :Bagilah tali menjadi dua kemudian lingkarkan pada benda yang ingin ditaliTariklah kedua badan tali, sehingga semua tali masuk ke dalam sosok.Fungsi : Fungsi dari tali temali simpul ini adalah untuk membuat tanduk darurat atau dapat juga digunakan untuk mengikat timba atau ember.SIMPUL TARIKTali Temali simpul tari (bowline knot) menghasilkan loop tali yang tidak bisa mengecil ataupun membesar lagi. Kegunaan tali temali simpul antara lain :Menambatkan tali kepada benda atau tiang.Mengikat leher binatang supaya tidak tercekikApabila dua simpul tiang saling dihubungkan bisa berguna juga untuk menyambung tali.Fungsi : Fungsi dari tali temali simpul tarik adalah untuk turun ke jurang atau dari atas pohon.SIMPUL LASOFungsi : kegunaan dari simpul laso ini adalah untuk mengikat leher binatang, baik binatang buas maupun tidak buas. SIMPUL ANYAMCara membuat simpul anyam adalah :Buatlah sosok pada ujung utas tali yang berukuran lebih besar (Seperti di gambar, tali berwarna biru)Masukkan ujung tali yang lebih kecil (dalam gambar warna merah) ke dalam sosok tali besar (biru) dari arah bawah keatasBelitkan ujung tali kecil (merah) di bawah tali berwarna biruSisipkan ujung tali merah ke bawah badan tali itu sendiri (seperti gambar 3)Fungi: Fungsi dari simpul anyam adalah untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besarnya dan dalam keadaan kering.SIMPUL ANYAM BERGANDAFungsi : kegunaan atau fungsi dari temali simpul anyaman berganda adalah untuk menyambung dua utas tali yang ukurannya tidak sama besar dan tidak licin.SIMPUL ANYAM RANTAIKegunaan : Kegunaan dari temali anyaman rantai adalah untuk memendekkan tali.SIMPUL UJUNG TALIERMIDAINI.comKegunaan : Kegunaan dari temali simpul ujung tali ini adalah agar tali pintalan yang ada pada ujung tali tidak mudah lepas.TALI TEMALI PRAMUKA  SIMPUL TIANGPramuka.comKegunaan: kegunaan temali simpul tiang adalah untuk mengikat benda hidup atau leher binatang tujuannya agar yang diikat tidak terjerat, dan untuk menambatkan tali pengikat binatang pada pohon supaya binatang itu bisa bergerak dengan bebas.SIMPUL KEMBARPramuka.comTali temali dalam pramuka simpul nelayan, simpul kembar, simpul portugis, simpul inggris, merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari dua utas tali. Sehingga tidak terlalu sulit jika kamu mau membuatnya.Kegunaan: Kegunaan dari temali simpul kembar adalah untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya bisa digunakan dalam keadaan basah atau licin.SIMPUL ERATKegunaan: untuk memendekkan tali tanpa harus memotongnyaSIMPUL TAMBAT (TIMBER HITCH)Temali simpul tambat juga berfungsi sebagai awalan pada simpul-simpul yang lainnya, seperti simpul silang dan simpul palangKegunaan: Untuk memulai ikatan bisa juga digunakan untuk menyeret balokSIMPUL PENARIKKegunaan : Untuk menarik suatu barang/benda yang ukurannya lumayan besar seperti batang pohon dll.SIMPUL GULUNGKegunaan: Untuk diikatkan pada tali penarik tujuannya agar orang lain bisa membantu menarik.SIMPUL KURSIensiklopedia pramuka.comKegunaan: Untuk mengangkat atau menurunkan suatu benda atau orang pingsan.SIMPUL PENGUNCIKegunaan: Berfungsi untuk menghindari lepasnya ujung tali dari ikatan yang berbentuk lingkaran pada tali tersebut.SIMPUL PRUSIKFungsinya: Sebagai pengganti alat ascendeur karena simpul ini pada awalnya  untuk menaiki tali kermantle yang lebih besar diameternya.SIMPUL TIANG BERGANDA Fungsinya: Untuk mengangkat atau menurunkan suatu benda atau manusia.SIMPUL TANGGA TALIFungsinya: Fungsi dari simpul ini tidak jauh dari namanya yakni untuk membuat tangga tali.Catatan :Fungsi temali dari simpul silang hampir sama dengan simpul palang akan tetapi, simpul silang lebih cepat dan lebih kuat dibanding dengan simpul palangB. IkatanIkatan adalah bentukan dari tali yang digunakan untuk mengikat barang atau benda.Macam-Macam Ikatan adalah sebagai berikut :IKATAN KAKI TIGA (3)bpm.bandaacehkota.go.id/Fungsi: Fungsi ikatan kaki tiga adalah untuk mengikat tiga tiang sekaligus dalam satu ikatan untuk pembuatan kaki tiga, jemuran.IKATAN PALANGIkatan Palang berfungsi untuk mengencangkan kedua tongkat secara vertikal dan horizontal sehingga kedua tongkat tersebut menjadi satu dan sulit dilepaskan.Fugsi: Fungsi yang paling dominan dari ikatan ini adalah untuk mengikat dua buah tiang yang bersilangan dengan sudut 90⁰ (Siku-Siku)IKATAN SILANGAdib Ahkami.comFungsi: Ikatan Ini Berfungsi untuk mengikat dua buah tongkat bersilangan dan tidak membentuk siku.IKATAN CANGGAH (SAMBUNG TONGKAT)Berfungsi untuk menyambung tongkat dengan tali secara sejajar. Ikatan canggah umum dikenal dengan nama ikatan sambung tongkat.bpm.bandaacehkota.go.id/Kegunaan: Digunakan untuk mengikat dua buah tiang dalam pembuatan kuda-kuda.D. JERATJerat adalah bentuk tali dari benda dengan tali.Macam-macam jerat adalah sebagai berikut:Jerat Bermata TigaJerat Tiang Dua MataJerat LasoJerat KembarJerat TanggaJerat DelapanJerat Kupu-KupuJerat TambatD. PIONERINGMenurut asal muasal katanya, pionering berarti bangunan darurat, yaitu pembuatan suatu bentuk bangunan dengan menggunakan alat dasar tali dan tongkat untuk membuat bangunan.Seorang anggota pramuka diharapkan mempunyai ketrampilan khusus dalam menggunakan alat-alat ini, karena keduanya merupakan alat-alat dasar yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan multifungsinya dan sangat sisematisnya.Jenis tali yang umumnya digunakan pada kepramukaan adalah tali yang terbuat dari bahan nylon, yang memiliki kelebihan dan kekurangan.Kelebihan tali nylon antara lain:Mudah dibuat simpul dengan kekuatan tarik yang merataRingan dan mudah diaturMenyerap sedikit airMempunyai elastisitas yang tinggi dan meredam sentakankekurangan Tali nylon yaitu:Mudah meleleh pada temperature yang tinggiTidak tahan terhadap panasAgar tali dapat tahan lama dan dapat dipergunakan untuk jangka waktu panjang tali perlu diberi perlakuan khusus setelah dipakai kegiatan. Lakukan beberapa langkah berikut untuk pemeliharaan tali :Kotoran yang melekat pada tali dicuci dengan air dingin dan dikeringkan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung (diangin-anginkan).Tali harus dijauhkan dari bahan-bahan yang bisa merusak tali, seperti; air accu, oil, minyak, bahan-bahan kimia, dll.Penyimpanan harus terhindar dari cahaya matahari secara langsung, dan diusahakan sirkulasi udara lancar dengan kelembaban rendah.Tali disimpan dalam keadaan kering serta digantung dalam bentuk lingkaran seperti gelang atau gulungan yang secara sederhana dan mudah untuk diurai kembaliHasil bentukan dari tali, adalah terdiri dari:simpul, ikat dan jerat. Simpul, ikatan, dan jerat yang baik dan benar adalah simpul, ikatan, dan jerat yang bisa digunakan dengan kuat, tidak mudah lepas dan mudah untuk dilepas kembali.Sekian artikel tali temali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa membantu kalian dalam kegiatan hp dan kegiatan sehari-hari umumnya.

25.1.19

KELOMPOK JAHMIYYAH

KELOMPOK JAHMIYYAH
.  ALIRAN JAHMIYYAH
Jahmiyyah adalah sebuah firqah/sekte ahli Kalam yang menisbatkan diri kepada Islam, memiliki ideologi dan pemikiran aqidah tersendiri, yang menyelisihi aqidah orang-orang yang menapaki jalan para as-Salaf ash-Shalih, terutama yang berkait nama-nama dan sifat-sifat Rabb Yang Maha Mulia.Jahmiyyah berasal dari nama pendirinya, yaitu al-Jahm bin Shafwan at-Tirmidzi, berasal dari Khurasan dan muncul pada abad kedua Hijri. Ia adalah seorang penganut aqidah Jabariyah, orang yang pertama mengatakan bahwa al-Quran adalah makhluk dan menolak sifat-sifat Allah Ta’ala.Al-Jahm dikenal sebagai orang yang suka dan banyak berdebat. Hanya saja, ia tidak memiliki pemahaman tentang ilmu hadits dan bukan pula orang yang memiliki perhatian kepada ilmu tersebut dikarenakan kesukaan dan kesibukannya terhadap ilmu Kalam. Karenanya, para ulama Salaf sangat membencinya dan mencampakkan pemikiran-pemikirannya walaupun di sisi lain, ia diakui sebagai orang yang secara lahir suka memperjuangkan al-haq dan menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar.Al-Jahm dibunuh oleh seorang penguasa Bani Umayyah disebabkan oleh aqidahnya yang sesat pada tahun 130 H. Pendapat yang lain mengatakan: tahun 132 H.        1.1 .

BERKEMBANGNYA PEMIKIRAN JAHMIYAH Pemikiran al-Jahm bin Shafwan tegak diatas bid’ah ahli Kalam dan berbagai pemikiran yang menyimpang dari Aqidah Salafiyyah dengan pengaruh yang sangat kuat dari berbagai macam ideologi sesat yang ada pada masa itu.Awal kemunculannya adalah di negeri Tirmidz tempat kelahiran al-Jahm dan kemudian tersebar ke seluruh Khurasan. Pemikiran ini terus berkembang dan tersebar hingga kalangan orang-orang awam dan bahkan tokoh-tokoh besar yang membela pemikiran tersebut, dan ditulislah kitab-kitab untuk tujuan itu. Pemikiran ini bahkan merasuk ke banyak orang dengan berbagai tingkatannya. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyebutkan tingkatan-tingkatan Jahmiyah dan sejauh mana pengaruhnya terhadap manusia. Beliau membaginya kepada tiga tingkatan:Jahmiyah ekstrim yang menolak nama-nama dan sifat-sifat Allah. Jika disebutkan salah satu dari al-Asma’ al-Husna, maka mereka akan mengatakan bahwa itu adalah majaz (kiasan)Tingkatan kedua dari Jahmiyah adalah penganut ajaran Mu’tazilah dan yang semisalnya. Mereka menerima dan mengakui nama-nama Allah secara umum, tapi menolak sifat-sifatNyaTingkatan ketiga adalah sekelompok orang yang menetapkan sifat-sifat Allah dan menyelisihi Jahmiyah, tetapi dalam diri mereka terdapat sesuatu dari pemikiran Jahmiyah tersebut. Merekalah kelompok yang menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah secara global, namun masih menolak beberapa nama dan sifat serta menta’wilnya (menafsirkannya kepada yang bukan maknanya).   
    1.2   AQIDAH JAHMIYAH
Sekte Jahmiyah memiliki pemikiran dan pandangan aqidah yang sangat banyak dan butuh kepada pembahasan yang khusus dan mendetail. Namun, dalam tulisan singkat ini, kami sebutkan beberapa hal penting yang diimani oleh para penganut paham sesat ini;Mazhab mereka dalam tauhid, yaitu mengingkari seluruh nama-nama Allah dan sifat-sifatNya serta menganggap nama-nama sebagai majazMereka mengimani aqidah jabr dan irja’ Mengingkari sebagian besar perkara yang berkait dengan Hari Akhir, seperti shirat (jembatan diatas Jahannam), mizan(timbangan), melihat Allah pada Hari Kiamat nanti, azab kubur dan juga pendapat mereka bahwa Surga dan Neraka tidak kekalIman mereka bahwa Allah tidak berbicara dengan pembicaraan yang layak bagi KeagunganNya dan bercabang darinya keyakinan mereka bahwa al-Quran adalah makhlukIman menurut mereka adalah ma’rifah (mengenal) AllahMereka menolak arah ketinggian dalam sifat-sifat Allah, danUcapan mereka bahwa Allah dekat kepada para hamba dengan Dzat-Nya, dan bahwa Dia bersatu dengan setiap makhlukNya. Keyakinan inilah yang menjadi pondasi dasar bagi penganut mazhabittihadiyah dan hululiyah  dalam menegakkan keyakinan sesatnyaDemikianlah sekilas apa yang bisa kami jelaskan tentang mazhab Jahmiyah. Mungkin akan muncul pertanyaan; apakah pemikiran seperti ini ada di zaman sekarang?Pemikiran-pemikiran Jahmiyah masih ada dan hidup di zaman kita ini, dan senantiasa pertarungan antara pengikut al-haq dan pengikut kebatilan akan terus berlanjut, walaupun pada sebagian masa, nama-nama itu akan berubah, terutama ketika muncul generasi baru yang berusaha menghidupkan pemikiran sesat Jahmiyah dengan mengatas namakan pembaharuan dan kebebasan.Diantara contoh pemikiran Jahmiyah yang masih ada dan terus diperjuangkan sebagian kalangan “cendekiawan muslim”; keyakinan bahwa ma’rifah (mengenal) wujud Allah telah mencukupi dari banyak beramal shalih, atau keyakinan bahwa Surga dan Neraka belum ada untuk saat ini, atau dakwaan mereka bahwa Allah tidak disifatkan dengan sifat-sifat tertentu, atau keyakinan bahwa Allah ada tanpa arah dan lain sebagainya yang diimani dan diyakini oleh sebagian orang pada zaman ini, yang dahulu merupakan pemikiran dan ajaran sesat sekte yang disebut Jahmiyah. Semoga Allah melindungi kita dan umat ini dari kesesatan.

Didukung oleh:
# teguh marketing#
# BGR ( Bangunsari Guyub Rukun ) #
# D.A GAJAH MADA #
# SMK ISLAM PANGGUL #