26.1.19

PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA


Assallamualaikum wr.wb
MENURUT SAYA PROSES PENYEBARAN ISLAM DIINDONESIA ADALAH SEBAGAI BERIKUT!!!!!

          Proses penyebaran agama islam dindonesia bersifat damai,penuh ketrentramsn ,persamaan, dan persaudaraan. Proses penyebarannya bersifat pelan-pelan dan tidak bersifat memaksa,jadi penyebaran islam di indonesia secara bertahap, proses penyebaran islam diindonesia dilakukan melalui budaya orang indonesia dan penyebarannya tidak merubah budaya leluhur menjadi budaya arab tetapi hanya mengajarkan ajarannya saja, dalam penyebaran agama islam ulama atau para kyai langsun terjun dan berbaur dengan masyarakat tanpa ada perbedaan yang menonjol diantara mereka sehingga ajaran agama mudah diterima oleh msyarakat indonesia.
          Proses penyebaran agama islam dindonesia tidak terlepas melalui jalur perdagangan dan yang menerima ajaran agama islam pertama kali biasanya orang yang tinggal di daerah pesisir, sebab pada jaman dahulu alat transportasi untuk berjalan antar pulau atau antar negara yang letaknya jauh bisanyang menggunakan alat transportasi berupa kapal dan melalui jalur laut, sehingga orang-orang atau pedagang dari wilayah lain yang beragama islam banyak berlabuh di pesisir laut indonesia terutama di sekitar selat malaka karena letaknya yang strategis dan pedagan tersebut tau bahwa di indonesia itu banyak rempah-rempahnya.
           Para pedagang tersebut singgah di pesisir pantai indonesia itu ada yang hanya beberapa saat sambil menunggu waktunya kembali ke negara atau daerahnya mereka memanfaatkannya untuk memperkenalkan ajaran agama islam ke warga pesisir.dan dan ada pula yang memilih menetap di daerah tersebut dan meneruskan kegiatan penyebaran ajarannya dan bahkan ada yang menikah dengan orang yang ada di daerah tersebut, ada juga proses penyebaran agama islam khususnya di pulau jawa dilakukan oleh sekelompok oran yang berjumlah sembilan orang yang biasanya disebut dengan
 wali songo yan terdiri dari sunan gresik, sunan ampel, sunan giri, sunan bonang, sunan kalijaga, sunan gunung jati, sunan drajat, sunan kudus,sunan muria.
          Orang-orang ini pada umumnya masih ada hubungan kekeluargaan diantara mereka dan mereka biasanya menyebarkan agama islam dengan cara berpisah supaya merata seluruh jawa, mereka juga biasanya menyebarkan agama islam di daerahnya masing-masing,serta cara penyampaiannya kepada masyarakat juga berbeda-beda ada yang menggunak media kebudayaan sepertin wayang,gamelan,lagu daerah ,serta tembang2,dan ada juga yang menggunakan cara lain seperti berdakwah, berdagang dan masih banyak lagi, Para wali menyebarkan agama islam tidak hanya kepada 1!!!!masyarakatnya saja tetapi kepada raja-raja yang memimpin kerajaan didaerah tertentu
Sehingga diharapkan jila rajanya bisa memeluk agama islam akan diikuti oleh rakyatnya,
Penyebarannya tidak hanya sampai disitu tetapi dengan cara mendirikan kerajaan yang bercorak islam atau juga kerajaan islam yakni kerajaan samudra pasai .
              Proses penyebaran islam dindonesia sangatlah berkembang pesat seiring berdirinya kerajaan-jerajaan islam diindonesia dan berfitinya pondok pesantren-pondok pesantren diindonesia , pondok pesantren tersebut membantu menyebarkan agama islam melalui jalur pendidikan,selain itu para ulama menyebarkan agama islam melalui jalur lainnya seperti jalur budaya seperti pertunjukan wayang,alat musik gamelan ,dll. Jalur politik danjalur perkawinan, misalnya menikahkan orang muslim dengan orang non muslim tetapi mau masuk islam.
             Faham- faham yang berkembang di indonesia :
             Faham -faham yang berkembang di indonesia yang saya ketahui ada 2 macam yaitu faham NU(nahdalatul ullama) dan muhammadiyah , faham NU didirikan oleh KH.hasym asy'ari. Sedangkan faham muhammadiyah didirikan oleh KH.A Dahlan .kedua faham itu ada sedikit perbedaan seperti jika saat melakukan solat subuh, NU menggunakan doa qunut dan sedangkan muhammadiyah tidak menggunakan,dan muhammadiya hanya berpedoman pada alqurab saja . Sedangkan NU berpedoman pada alQuran dan hadis. Tetapi keduanya mengakui bahwa mereka ahli sunah waljamaah.


SEKIAN DARI SAYA JIKA ADA KURANG LEBIHNYA SAYA MOHON MAAF YANG SEBESAR BESARNYA!!!!!!!!!!!!
WAssalamuallaikumWr.wr

Didukung oleh:
# Teguh marceting#
# BGR ( Bangunsari Guyub Rukun )
# Warung Lek Dian )

5 komentar:

  1. Terimakasih telah membuka situs web saya...
    Semoga bisa bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Terimakasih telah membuka situs web saya...
    Semoga bisa bermanfaat...

    BalasHapus
  3. Hai sobat ...
    Jangan lupa beri masukan...
    Kami berharap masukan anda...
    Thanksss

    BalasHapus
  4. Gimana caranya.?
    No wa nya kok gk bisa ?

    BalasHapus